Read, With the Name of Your Lord Who Created

Pekan Keakraban Keluarga

Posted by triaslama on July 8, 2008

Gimana rasanya bertemu lagi dengan keluarga atau saudara kita setelah lama tidak bertemu? Senang, kaget, sulit diungkapkan, atau mungkin tidak tahu karena kita sudah lupa siapa dia karena lamanya tidak bertemu?

Beberapa hari yang lalu salah satu anggota keluarga saya menikah, dan beberapa hari sebelumnya dia datang sendiri ke rumah kakakku mengantarkan undangannya. Coba tebak gimana reaksiku sewaktu melihatnya pertama kali setelah beberapa tahun kami tidak ketemu?? (saya tulis ‘beberapa tahun’ karena seingatku sekitar tiga tahun kami tidak bertemu) Saya kaget dan bingung mau ngomong apa! Terakhir bertemu di Jogja dan sekarang ketemu lagi dia mengantarkan undangan pernikahan!

Setelah menghadiri pernikahannya aku jadi kepikiran tentang ‘Pekan Keakraban Keluarga’. Sebabnya sebenarnya sederhana pada saat acara pernikahan salah satu ponakanku menyapaku tapi aku malah sudah lupa siapa dia (waduh, aku lumayan parah juga nih…). Jadi menurutku kita perlu waktu dimana kita dan keluarga besar kita saling bertemu dan juga berkenalan kalau ada yang masih belum kenal.

Istilah ‘Pekan’ dalam ‘Pekan Keakraban Keluarga’ mungkin kepanjangan karena sebenarnya tidak sampai satu pekan kami bertemu, mungkin malah tidak sampai satu hari. Tapi itu lebih nyaman kudengar dari pada misalnya ‘Hari Keakraban Keluarga’ atau ‘Saat Keakraban Keluarga’ (note: aku mungkin terinspirasi dengan ‘Pekan Olahraga Nasional’ yang saat ini sedang berlangsung dan juga berlangsung lebih dari satu pekan).

Banyak bagusnya kalau kita bertemu secara reguler dengan keluarga kita, bisa lebih akrab, lebih mempererat persaudaraan dan misalnya ketemu di jalan kita langsung bisa tahu kalau itu saudara kita.

Jadi momen apa yang paling tepat dijadikan sebagai Pekan Keakraban Keluarga? Saat ini saya punya dua kandidat sebagai berikut:

  • Lebaran (Idul Fitri): biasanya setiap keluarga berkumpul bersama untuk merayakannya, mungkin di Indonesia lebaran menjadi semacam reuni keluarga yang berlangsung setahun sekali.
  • Saat pernikahan salah satu anggota keluarga: saat salah satu dari anggota keluarga kita menikah mungkin saja sebagian besar keluarga akan menghadirinya. Jadi akan bagus sekali kalau momen seperti ini kita bisa lebih mengenal saudara kita yang lain, yang tinggal berjauhan, dan jarang bertemu

Sebaiknya silaturahmi memang tidak hanya berlangsung pada saat dua events diatas berlangsung, akan sangat baik kalau kita bisa saling mengunjungi bukan hanya pada dua events tersebut. Namun biasanya karena jarak yang terlalu jauh (misalnya kita tinggal di Jakarta-Indonesia dan salah seorang saudara kita tinggal di Tokyo-Jepang) dan juga karena kesibukan yang berbeda – beda membuat dua events tersebut bisa menjadi arena silaturahmi dan juga reuni keluarga yang efektif.

Atau ada yang punya kandidat lain selain kedua waktu tersebut kapan sebaiknya ‘Pekan Keakraban Keluarga’ diadakan???

One Response to “Pekan Keakraban Keluarga”

  1. Andra said

    biasanya tahun baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: