Read, With the Name of Your Lord Who Created

Bagaimana Sebaiknya Mengamankan Data?

Posted by triaslama on June 17, 2008

Saat ini, akhirnya terpikir juga untuk lebih serius mengamankan data yang saat ini telah kupunya, hal ini terutama karena saya orangnya mungkin masih ceroboh. Hingga saat ini minimal saya sudah kehilangan empat buah flash disk, yang terakhir flash disk 4 gigabytes-ku hilang entah kemana.

Beruntung harga flash disk sekarang sudah nggak begitu mahal. Tetapi yang lebih kusesali adalah kehilangan data – data di dalamnya! Semoga saja yang menemukan flash disk tersebut menggunakan datanya dengan benar dan semoga saja data – data penting di dalamnya tidak bisa terbaca, ha ha…

Dulu saya kehilangan flash disk yang di dalamnya ada soft copy lengkap dari skripsi saya, untungnya saya masih punya data backup-nya. Terbayang menyesalnya saya waktu itu, data sepenting itu bisa hilang dengan mudahnya. Seolah belum cukup belajar dari kesalahan, kini flash disk-ku yang baru berusia sekitar dua bulan harus hilang lagi. Untuk yang kesekian kalinya saya kehilangan data dari media penyimpanan yang kukira cukup praktis ini (flash disk). Saya kadang juga heran aku sepertinya kok belum belajar dari kesalahan dan rasa menyesal kehilangan data di flash disk ya?

Terkadang untuk menghindari kehilangan data yang lumayan berarti saya menggunakan online storage, meskipun saya terkadang kurang merasa nyaman menggunakannya (dan nggak tau juga gimana dengan security-nya). Jika menggunakan online storage kita bisa mengambil datanya dari mana kita berada asalkan tersedia koneksi internet, jadi minimal availability-nya lumayan tinggi.

Insya Allah saya sudah merelakan semua flash disk yang hilang, tapi agak berat juga merelakan data – data di dalamnya yang otomatis juga ikut hilang. Memang terkadang susah menjaga data dengan benar, menyimpan data di komputer desktop susah dibawa – bawa, menyimpan data di notebook saya sering malas kalau pergi harus bawa – bawa notebook, menyimpan data di flash disk sudah terbukti kalau di tanganku flash disk hilang berkali – kali. Ada saran -selain dengan online storage tentunya- bagaimana sebaiknya kita mengamankan data?

5 Responses to “Bagaimana Sebaiknya Mengamankan Data?”

  1. Saya pernah menggunakan yahoo briefcase tapi kayaknya sekarang sudah tidak available lagi ya (?) Setelah itu belum nyoba online storage lain karena nggak yakin bisa akses internet yg kenceng saat perlu data-nya. Saya punya account e-mail yg berbayar, nah data penting tapi tidak terlalu besar saya kirim ke situ (sebagai attachment) sehingga kalau perlu tinggal download. -Salam-

  2. Singal said

    iya betul, saya juga menggunakan e-mail, dan kusimpan disana, data yang prioritas dan penting saja.

  3. Data-data terpenting di hard disk aku backup ke flashdisk harian (flashdiskmu🙂 ), kalau pas lagi eling. Itu data2 yang terupdate setiap harinya misalnya daftar kata bahasa Jepangku. Soalnya pernah mati lampu saat ngesave, filenya korup dan kerjaan 3 hari ilang ><

    Lalu yang selang waktunya lebih lama, folder dokumen kita dibackup ke CD/DVD… Backup “My Documents” terakhirku di DVD itu saat2 mau lulus kemarin…

    Kadang2 juga upload file2 kecil penting ke sebuah server nun jauh di sana….

  4. triaslama said

    Sepertinya solusinya begitu ya.
    Pertama, untuk data yang dianggap penting kirim ke server sehingga ada backup di tempat lain selain backup kita.
    Kedua, rajin – rajinlah mem-backup data sehingga kalau satu hilang kita masih punya cadangannya.

  5. Dy™ said

    kalo punya FD (Flash Disk), biar nggk ketinggalan, satuin sama kunci kostan/ konci motor.. jadi biar inget😛..
    makash dah mampir ya.. salam kenal juga😀

Leave a Reply

 
