Read, With the Name of Your Lord Who Created

Belajar Dengan Mendengarkan

Posted by triaslama on May 16, 2008

Postingan ini saya tulis setelah saya secara tidak sengaja mengikuti MSDN Day. Kenapa tidak sengaja? Ya karena saya sebenarnya tidak pernah merencanakan untuk ikut dan malahan tidak tahu kalau pada tanggal 15 Mei kemaren ada acara itu.

Hal ini bermula dari saran salah satu teman, Anthony, supaya saya kirim e-mail ke Pak Risman Adnan salah satu lead developer Microsoft Indonesia. Intinya kami meminta waktu untuk membicarakan beberapa masalah teknis yang kami hadapi dan kemungkinan – kemungkinan solusi yang mungkin bisa dipakai. Email pun dikirim dan ini cuplikan jawabannya “Tri, kebetulan besok ada acara MSDN Day, silahkan datang untuk diskusi sebelum sesi saya dimulai”.

Sempat juga terlintas dalam hatiku “Kalau besok ada acara itu apa kami sempat untuk diskusi ya?” Tapi ya sudahlah coba saja dulu. Siapa tahu banyak hal yang bisa dipelajari lagi pula sedang ada migrasi server sehingga development harus dihentikan dulu, maka kami memang bisa datang.

Entah karena saya lagi mood, atau karena acaranya lumayan menarik, atau karena pesertanya yang tidak terlalu banyak sehingga saya merasa nyaman, atau karena sebab yang lain, ternyata sampai dengan break makan siang lumayan banyak hal menarik yang berhasil masuk ke kepalaku🙂
Misalnya, aku ini termasuk sangat awam mengenai Zend Framework, karena salah satu materinya tentang itu dan ada orang dari Zend yang datang memberikan presentasi akhirnya sekilas aku mendapat gambaran lebih mendalam tentang Zend Framework.


Kembali ke diskusi yang kami rencanakan tadi, akhirnya yang kukhawatirkan memang terjadi, sulit untuk mencari waktu luang untuk berdiskusi dengan leluasa pada event seperti ini. Tapi akhirnya waktu itu datang juga saat makan siang temanku langsung “mencegat” pak Risman dan mulai bertanya, setelah selesai makan dan sholat akupun ikut nimbrung juga. Setelah menanyakan ini itu akhirnya kamipun diminta untuk meng-copy contoh source code yang mungkin bisa berguna. Nah, pada saat meng-copy itu mataku melihat dua folder yang dari namanya isinya tentang Silverlight, ukuran file-nya beberapa gigabytes. Tanpa basa – basi langsung saja ku-copy dua folder tentang Silverlight (karena kebetulan aku juga tertarik untuk mencoba – coba Silverlight), setelah selesai baru aku bilang kira – kira “Pak saya copy materi – materi tentang Silverlight juga ya” dan untunglah jawabannya “Oh iya, boleh” (Padahal kalau tidak bolehpun udah terlanjur ku-copy juga ya😀 )

Akhirnya acara berlanjut dan memang benar! Terkadang mendengarkan dari orang yang ahli bisa merupakan suatu cara cepat untuk mempelajari sesuatu! Mulai dari Zend Framework, CGI, ISAPI, FastCGI, sampai arsitektur Web Server. Akupun kepikiran “Kalau aku belajar sendiri dengan baca buku sepertinya butuh waktu yang lebih lama”. Waktu di Jogja pernah juga aku beberapa kali ikut acara serupa cuma kali ini aku punya kesempatan bertemu dan berdiskusi lumayan lama dengan seorang lead developer Microsoft Indonesia dan juga dengan salah seorang tokoh, developer dan pecinta Open Source.

Jadi ini saja, ingin mempelajari sesuatu secara lebih cepat? Coba deh cara ini: belajarlah, dengarkan, dan bertanyalah kepada ahlinya!

2 Responses to “Belajar Dengan Mendengarkan”

  1. KaiToU said

    wah, boleh juga tuh. tp syg, gbsa ikut acara kmrn😦
    btw, belajar silverlightna dah sampek mana?

    *ngikutt :P*

  2. triaslama said

    @ KaiToU
    Wah, saya baru mau mulai belajar Silverlight. Jadi belajarnya mungkin baru sampai bikin program “Hello, World”🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: