Read, With the Name of Your Lord Who Created

Sekali Waktu Aku Ingin Jadi Manusia Egois

Posted by triaslama on March 15, 2008

Sangat aneh ketika kita mengingatkan orang tetapi kita sendiri lupa akan pentingnya hal tersebut…
Pikiran yang tiba – tiba terlintas di benakku — Tri Sugiyantowo.

Berapa banyak dalam satu hari aku memberi penilaian terhadap orang lain? Berapa kali dalam satu jam aku bisa melihat kesalahan dan kekurangan orang lain? Berapa kali dalam semalam aku teringat akan dosa yang pernah dilakukan orang lain??? Sampai saat ini berapa kali aku mencoba untuk mengingatkan orang lain?? Berapa banyak waktu dalam sehari yang kugunakan untuk melihat aktivitas orang lain??

Sekarang, berapa banyak aku melihat apa yang kurang dari diriku? Seberapa seringkah aku mencoba menasehati diriku sendiri?? Bisakah dalam sehari aku memperhatikan untuk diriku sendiri apa yang akan kulakukan? Apakah aku bisa melihat kesalahan dan kekuranganku sejelas ketika aku melihat kesalahan orang lain??? Apakah aku sudah memperhatikan diriku dan keluargaku sebesar perhatian yang pernah kulakukan kepada orang lain?? Berapa banyak sikap pura – pura yang mungkin pernah kuperlihatkan didepan orang lain?

Suatu kali aku ingin menjadi egois karena menurutku itu harus kulakukan. Seharusnya begini: ketika aku mengingatkan orang lain seharusnya peringatan itu pertama kali kutujukan untuk diriku sendiri. Aku pernah melihat orang lain dan merasa kasihan kepadanya tanpa sadar bahwa sebenarnya diriku sendiri lebih perlu untuk dikasihani. Mengapa begitu? Karena terlalu seringnya menilai orang lain terkadang membuatku merasa lebih, dalam artian aku lebih baik dari dia, aku lebih pintar dari dia, aku masih lebih dan lebih dalam banyak hal daripada kamu, dia, mereka, dan banyak orang.

Setelah beberapa saat kupikir ternyata diriku ini perlu untuk dikasihani. Maaf disini saya tidak meminta agar orang lain kasihan padaku, hanya meminta kepada diriku sendiri untuk lebih memperhatikan apa yang kupikirkan, kukatakan, dan akhirnya kukerjakan.

Kata ‘egois’ hampir selalu berkonotasi negatif -setidaknya begitulah menurutku- tapi dalam kadar tertentu sifat itu banyak manfaatnya. Sekarang begini tidak lucu dong kalau orang yang setiap hari kita nasehati bisa masuk surga karena menjalankan nasehat kita, sementara kita sendiri justru masuk neraka karena meninggalkannya. Semoga Allah SWT menghindarkan diriku dari hal seperti itu, Amin.

Suatu waktu -dan kalau bisa sering kali- aku ingin egois, membuatku mempunyai cukup waktu untuk memperhatikan diriku sendiri. Kesalahan apa yang sudah kulakukan hari ini dan bagaimana usahaku untuk menghapusnya? Kebaikan apa yang sudah kuamalkan hari ini serta bagaimana usahaku agar besok aku dapat meningkatkannya? Kesalahan apa yang pernah kulakukan dimasa lalu dan apakah aku sudah cukup berusaha untuk tidak mengulanginya? Aku ingin lebih diperhatikan tetapi terutama diperhatikan oleh diriku sendiri! Suatu kegagalan besar ketika kita sendiri masih sering lupa kepada diri sendiri dan begitulah yang saat ini masih kualami.

Aku ingin egois! Egois yang membuatku berani memperbaiki diri sendiri, egois yang membuatku punya cukup waktu untuk memperhatikan diriku sendiri! Aku ingin egois! Egois yang membuatku berani menatap dunia dan berjuang menghadapinya, bukan malah berlari menghindar seperti pengecut!

Sekali lagi aku ingin egois! Egois yang membuatku berani menjadi seperti diri sendiri dan bukannya meniru orang lain yang nggak jelas perilakukanya! Dan sekali lagi -Sekali waktu aku ingin menjadi manusia egois- karena aku yakin sangat memerlukannya!

One Response to “Sekali Waktu Aku Ingin Jadi Manusia Egois”

  1. ARIF said

    Bismillah. mungkin benar kata pepatah. gajah di pelupuk mata tak tampak, tapi kuman di seberang malah tampak. barakallahufikum

Leave a Reply

 
