Read, With the Name of Your Lord Who Created

Lakukan Selagi Bisa

Posted by triaslama on March 8, 2008

Lakukan selagi bisa! apakah rangkaian kata tersebut terdengar seperti seruan yang terlihat memanfaatkan sesuatu yang ada pada kita?? Menurut orang Jawa hal itu sering disebut sebagai ‘Aji Mumpung’. Mumpung lagi kaya, mumpung inget, mumpung sedang sadar, mumpung sempat, dllsb. banyak lagi yang lain. Terlihat seperti memanfaatkan keadaan dan memang begitulah sebenarnya!

Apakah memanfaatkan keadaan akan membuat kita tampak seperti seorang oportunis dan terkesan kurang bijaksana atau lebih parah lagi terkesan ‘licik’?? menurutku tidak sepenuhnya seperti itu!! Kenapa tidak sepenuhnya seperti itu? Karena banyak kebaikan yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan keadaan dan kesempatan baik yang saat ini sedang ada pada diri kita!

Lantas apakah ‘Aji Mumpung’ bisa dibenarkan? Tergantung untuk apa dia digunakan. Saat kita sedang naik bis dan membawa banyak makanan lalu ada anak kecil melihat kita sedang memakannya maka ‘mumpung’ lagi bawa banyak makanan kasih juga dong anak kecil tadi! Hal ini tentu dibolehkan bahkan sangat dianjurkan (sekaligus kusampaikan permintaan maaf karena aku pernah tidak memberikan sebagian dari beberapa roti yang kumakan pada anak kecil yang melihatku memakannya, karena waktu itu aku khawatir kalau orang tuanya tidak bekenan untuk menerimanya).

Bagaimana dengan seorang kaya yang rajin bersedekah dengan memanfaatkan kekayaan yang ada padanya pada saat itu (dengan kata lain ‘mumpung’ kaya rajin – rajinlah bersedekah)? Itu hal yang baik dan semoga kita diberi kekuatan untuk bisa mencontohnya, Amin.
Tetapi bagaimana dengan seorang penguasa yang memanfaatkan kekuasaannya untuk menindas orang yang seharusnya ditolong, menghinakan orang yang seharusnya dimuliakan, serta memperkaya dirinya dengan uang ‘panas’?? Dengan kata lain ‘mumpung’ berkuasa berbuatlah seenaknya?? Na’udzubillah, itu hal yang zholim dan semoga kita diberi kekuatan untuk menjauhinya, Amin!!!

Untuk orang yang memanfaatkan keadaan & kesempatan baik pada dirinya untuk beramal sholeh dan berbuat kebaikan sebanyak – banyaknya kira – kira apa yang akan dia dapatkan ketika keadaan baik atau kesempatan itu telah berlalu pergi dari dirinya?
Untuk orang kaya yang rajin beramal dengan hartanya dia telah mempersiapkan masa depan yang baik dan Insya Allah, Allah SWT akan mengganti apa yang telah diinfakkannya / diberikannya dengan sesuatu yang jauh lebih baik, Amiiiinnn….

Untuk penguasa adil yang memanfaatkan kekuasaanya untuk kebaikan apa yang akan diperolehnya setelah dia tidak lagi menjabat? Perlindungan Allah di padang Mahsyar yang pada waktu itu banyak orang yang kebingungan dan butuh perlindungan, nama baik yang akan dikenang, serta kepuasan batin bagi pelakunya karena dia telah melakukan hal yang benar dengan kekuasaannya.

Jadi pandai – pandailah untuk memanfaatkan kesempatan dan kekuatan yang saat ini sedang ada pada diri kita untuk kebaikan, dan bukan sebaliknya! (Oh maaf sebelumnya, seruan ini terutama saya tujukan untuk diri saya sendiri). Agar lebih mudah bagi kita untuk bertanggung jawab kelak di akhirat mengenai apa yang pernah diberikan kepada kita.

Note: Postingan ini sebagai selingan penting, karena beberapa saat belakangan ini saya banyak menulis tentang hal – hal yang bersifat teknis (programming) di blog ini. Sekaligus sebagai suatu cara untuk mengeluarkan pikiran yang melintas di otakku. Sekali lagi ‘mumpung’ ada inspirasi keluarkan pikiranmu sekarang juga!!! he..he..he..

Sampai jumpa lagi & terima kasih telah meluangkan waktu untuk membacanya…,
Tri Sugiyantowo.

3 Responses to “Lakukan Selagi Bisa”

  1. ASWIN said

    Hi tri, it’s me…🙂 thx for adding my site on your blog roll😉

  2. triaslama said

    You’re welcome win…

  3. Dhavidgani said

    Btul, mumpung lagi baik berbuat baik lah. Tidak sebalik nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: