Read, With the Name of Your Lord Who Created

Belajar Diakhir Pekan

Posted by triaslama on February 17, 2008

Setelah menanti akhirnya kudapatkan kembali akhir pekan yang berarti aku dapat mempunyai cukup waktu untuk mengerjakan apa yang kusuka, meskipun pada kenyataannya tidak selalu begitu (meskipun liburan terkadang aku mempunyai beberapa kegiatan yang lumayan menyibukkan -mudah – mudahan bukan supaya kelihatan sibuk sih-).

Pada akhir pekan ini akhirnya aku mempunyai cukup waktu untuk bermain – main dengan Javascript (lebih khusus lagi Javascript events), dan akhirnya aku mulai mengenal bahwa Javascript tidak sesederhana yang kubayangkan pada waktu awal saat aku mempelajarinya. Client side scripting menurutku menyimpan banyak manfaat dan kegunaan dalam pembuatan aplikasi – aplikasi Web, terlebih setelah munculnya Ajax hasrat untuk belajar Javascript rasanya semakin menggebu – gebu.

Hal ini sebenarnya didasari juga oleh apa yang kualami, ketika komputerku terhubung dengan internet rasanya aku menghabiskan sekian persen waktuku di depan komputer untuk hal – hal yang berhubungan dengan internet (aplikasi web) seperti misalnya browsing, cek email, blogging, lihat berita, coba – coba aplikasi web yang ‘cool’ banget dllsb. Akhirnya aku kepikiran juga bahwa internet akan semakin tersebar merata dan akan semakin banyak pula orang yang terhubung dengannya. Jadi untuk lebih mengeksplorasi potensi internet yang belum kutemukan dan untuk hal lainnya mengapa tidak mencoba mempelajari internet dan aplikasi – aplikasi yang berjalan diatasnya?

Kembali ke hal sebelumnya soal Javascript, rasanya masih banyak pertanyaan dan hal yang perlu kueksplorasi berkaitan dengan Javascript. Tapi ada satu hal yang saat ini terlintas di benakku dan lumayan mengganggu: bagaimana menghubungkan Javascript secara harmonis dengan server side scripting yang saat ini paling kukuasai -ASP.NET-. Hal ini karena menurutku dengan ASP.NET interaksi dengan Javascript dapat menjadi sangat minimalis (ini pendapatku saat ini aja).

Setelah mencoba HTML dan XML DOM yang menurutku sungguh menarik dan menantang aku berharap pada pekan – pekan selanjutnya aku akan menemukan hal – hal yang lebih menarik untuk kupelajari dan kueksplorasi. See you…

(Tri Sugiyantowo / triaslama)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: