Read, With the Name of Your Lord Who Created

.NET dan Mono Platform (Pengantar Bag. I)

Posted by triaslama on September 7, 2006

PENGANTAR

.NET

.NET adalah suatu platform yang dimiliki dan dikembangkan oleh Microsoft, sebagai platform fondasi baru untuk Windows application. .NET dikembangkan dengan beberapa tujuan pokok, diantaranya adalah untuk membuat aplikasi – aplikasi Windows menjadi jauh lebih reliable, diperlukan waktu bertahun – tahun bagi Microsoft untuk membangun proyek ini, dan mereka menempatkan sekitar 80% personelnya yang ada pada bagian R&D untuk merancang dan membuat .NET.

Dapat dikatakan .NET adalah perubahan terbesar yang dilakukan Microsoft sejak diluncurkannya Windows, platform ini telah menyita banyak perhatian sejak mulai diluncurkan, meskipun ada pula yang memandang bahwa .NET adalah suatu usaha untuk menyaingi Java platform, platform yang dimiliki oleh Sun Microsystem, ada suatu anggapan bahwa .NET adalah suatu “me too platform” yang dikeluarkan Microsoft setelah melihat dominannya platform Java sebelumnya. Karena .NET memang dikembangkan setelah melihat platform lain, diantaranya adalah J2EE.

Terlepas dari hal tersebut, secara jujur harus diakui bahwa dilihat secara keseluruhan .NET adalah platform yang bagus, hal ini terlihat pada saat ini banyak critical applications yang dibangun dengan .NET, dan banyak pula orang / developer yang telah mempelajari atau beralih ke .NET platform.

Mono

Mono platform merupakan implementasi .NET untuk beberapa platform yang dikembangkan oleh komunitas open source, Mono sendiri merupakan suatu proyek open source yang saat ini disponsori oleh Novell, perusahaan IT yang juga mengembangkan Linux SuSe.

Mono project merupakan sebutan bagi proyek open source yang bertujuan untuk menge-port-kan .NET untuk berbagai macam platform, sekaligus sebagai alternatif .NET yang open source, Mono project mulai diumumkan secara resmi pada bulan Juni 2001 dan dipelopori oleh Ximian -yang kemudian dimiliki oleh Novell, inc.-, dan Mono versi 1.0 direlease sekitar tiga tahun kemudian, yaitu pada bulan Juni 2004, untuk saat ini Mono disponsori oleh Novell.

Saat ini (September 2006), Mono telah mencapai versi 1.1.17, dan telah banyak hal – hal yang terdapat di .NET yang telah bisa diimplementasikan di Mono.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: